Cari Blog Ini

Senin, 22 Oktober 2018

SANTRI PELOPOR GERAKAN LITERASI Oleh : Arief Luqman El Hakiem *)



Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu 'ain atau wajib bagi setiap individu".
- KH Hasyim Asy’ari (Pendiri Nahdhatul Ulama) -


Tanggal 22 Oktober telah ditetapkan secara resmi sebagai Hari Santri Nasional berdasar Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Keppres tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada hari Kamis, 15 Oktober tahun 2015 lalu. Ini adalah bentuk apresiasi dan pengakuan peran besar kalangan santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara Indonesia.

Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional dilatarbelakangi sebuah peristiwa besar, yaitu lahirnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh pendiri Nahdhatul Ulama, KH Hasyim Asy’ari tepat pada tanggal 22 Oktober 1945. Resolusi Jihad adalah sebuah fatwa yang dikeluarkan oleh para ulama berisi seruan untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan dari penjajah Belanda yang membonceng NICA (Netherlands Indies Civil Administration).

KH Hasyim Asy’ari menyerukan kepada santrinya bahwa perjuangan membela Tanah Air merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. "Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu 'ain atau wajib bagi setiap individu," begitu kalimat yang diucapkan oleh KH Hasyim Asy’ari.

Seruan jihad yang dikobarkan oleh KH Hasyim Asy'ari ini membakar semangat para santri di kawasan Surabaya dan sekitarnya. Mereka kemudian bergabung dengan tentara Indonesia untuk menyerang markas Brigade 49 Mahratta yang dipimpin Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby.

Serangan ini terjadi selama tiga hari berturut-turut, yaitu dari tanggal 27 hingga 29 Oktober 1945. Jenderal Mallaby pun tewas keesokan harinya pada 30 Oktober 1945. Saat itu mobil yang ditumpanginya terkena ledakan bom dari para pejuang Tanah Air di kawasan Jembatan Merah, Surabaya. Kematian Mallaby pun menyulut pertempuran berdarah lainnya di kota Surabaya, yakni Pertempuran 10 November 1945.

Resolusi Jihad yang dideklarasikan KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945 ini seolah mengingatkan kita mengenai peranan santri dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Maka wajar jika kemudian pemerintah memberikan penghargaan kepada kalangan santri dengan menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Di tahun 2018 ini, Hari Santri Nasional mengambil tema “Bersama Santri Damailah Negeri”. Pemilihan tema ini tentu bukan tanpa alasan. Kita semua tahu bahwa tahun 2018 hingga 2019 bangsa Indonesia menggelar hajat besar yaitu Pemilu dan Pilpres. Peran serta dan kontribusi para santri tentu diharapkan mampu membawa suasana sejuk dan damai di tengah pertarungan politik yang makin memanas.

Jika pada masa kemerdekaan para santri turut memanggul senajata mengusir penjajah, maka di era kemerdekaan ini kewajiban para santri adalah menjaga bangsa ini dari perpecahan dan permusuhan. Ancaman terbesar bangsa Indonesia saat ini adalah gesekan sosial dan konflik sosial yang disebabkan oleh beredarnya berita hoaks, ujaran kebencian dan isu SARA.

Keberadaan santri di era digital ini diharapkan mampu meredam dan mendinginkan suasana panas akibat persaingan politik memperebutkan kursi kekuasaan. Sesungguhnya berita hoaks dan ujaran kebencian menjadi tidak relevan ketika kesadaran literasi bangsa Indonesia telah mumpuni. Hoaks dan segala macam isu SARA akan mendapat tempat di tengah masyarakat yang malas membaca dan malas berpikir.

Budaya literasi masyarakat Indonesia saat ini masih sangat rendah. Berdasarkan survei banyak lembaga internasional, budaya literasi masyarakat Indonesia kalah jauh dengan negara lain di dunia. Hasil penelitian Programme for International Student Assessment (PISA) menyebut, budaya literasi masyarakat Indonesia pada 2012 terburuk kedua dari 65 negara yang diteliti di dunia. Indonesia menempati urutan ke 64 dari 65 negara tersebut. Sementara Vietnam justru menempati urutan ke-20 besar.

Pada penelitian yang sama, PISA juga menempatkan posisi membaca siswa Indonesia di urutan ke 57 dari 65 negara yang diteliti. PISA menyebutkan, tak ada satu siswa pun di Indonesia yang meraih nilai literasi di tingkat kelima, hanya 0,4 persen siswa yang memiliki kemampuan literasi tingkat empat. Selebihnya di bawah tingkat tiga, bahkan di bawah tingkat satu.

Indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, setiap 1.000 penduduk, hanya satu orang saja yang memiliki minat baca. Angka UNDP juga mengejutkan bahwa angka melek huruf orang dewasa di Indonesia hanya 65,5 persen saja. Sedangkan Malaysia sudah 86,4 persen. (Data statistik UNESCO 2012).

Literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Literasi merupakan jantung kemampuan siswa untuk belajar dan berhasil di sekolah. Juga dalam menghadapi berbagai tantangan pada abad 21. (Satria Darma, Ketua Forum Pengembangan Budaya Literasi Indonesia, 2014).

Rendahnya budaya literasi di Indonesia, salah satu penyebabnya karena budaya menonton masyarakat Indonesia yang tinggi. Hal ini melemahkan minat membaca dan menulis siswa di Indonesia. Saat ini kegiatan utama keluarga di Indonesia adalah nonton TV. Jumlah waktu yang digunakan anak Indonesia dalam menonton televisi adalah 300 menit per hari. (Data BPS, 2014). Jumlah ini terlalu besar dibanding anak-anak di Australia yang hanya 150 menit per hari dan di Amerika yang hanya 100 menit per hari. Sementara di Kanada 60 menit per hari.

Saat ini populasi netter Tanah Air mencapai tidak kurang dari 132 juta orang pada 2018. Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. (Lembaga Riset Pasar e-Marketer, 2018).

Nah, santri yang identik dengan belajar, membaca, menghafal dan menelaah seolah menjadi oase di tengah panasnya suhu politik tanah air menjelang Pemilu 2019. Kalangan santri diharapkan mampu menjadi pelopor gerakan literasi di tengah masyarakat sehingga tidak mudah terhasut berita bohong (hoax) dan berita-berita provokatif (hate speech).

*) Pegiat Media dan Pemerhati Kebijakan Publik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar