Cari Blog Ini

Minggu, 22 April 2018

Jokowi Kunjungi Makam Ataturk, Anies Shalat Jum'at di Masjid Ayyub al Anshari dan Cium Janggut Rasulullah SAW

Sebelum Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Turki, Presiden Joko Widodo juga pernah datang ke sana. Bedanya, jika Jokowi menyempatkan diri ke makam Kemal Ataturk, sedangkan Anies tidak.

Seperti diketahui, Anies melanjutkan kunjungan dari Maroko ke Turki. Dia bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan sempat menunaikan salat Jumat bersama.

“Diawali dengan bertemu dan berbincang dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan, lalu bersama - sama menunaikan salat Jumat di Masjid Ayyub al - Anshari ( Eyup Sultan ). Presiden Erdogan mengajak saya salat persis di sampingnya. Saya berdiri diapit beliau dan Menteri Energi Berat Albayrak di saf terdepan, ”kata Anies dalam akun Instagram - nya seperti Jumat ( 20/ 4 / 2018) malam.

Anies memberi penjelasan tentang masjid tempat mereka salat.

“Masjid ini dinamai dari salah seorang sahabat Rasulullah SAW, yaitu Abu Ayyub al - Ansari ra , yang juga dimakamkan di kompleks yang sama . Masjid ini dibangun tahun 1458, hanya lima tahun sesudah penaklukan Konstantinopel oleh Muhammad al -Fatih, ”tulis Anies dalam keterangan foto.

Seusai salat Jumat, Anies bersama Erdogan melakukan ziarah dan zikir. Dia berharap momen itu menjadi awal yang baik dalam kunjungannya ke Turki.

“Semoga menjadi awalan yang baik bagi berbagai agenda kunjungan di Turki selama beberapa hari ke depan. Sesudah salat kami lalu ziarah dan dzikir berdampingan bersama selama lebih dari satu jam, ”imbuhnya.

Anies juga bercerita saat mencium sebuah botol bening berisi janggut Nabi Muhammad atau Rasulullah SAW bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Melalui akun Instagram - nya , @ aniesbaswedan, pada Sabtu ( 21/ 4 / 2018 ), Anies bercerita, setelah shalat Jumat bersama di Masjid Ayyub al - Anshari, dia dan Presiden Erdogan masuk ke ruang kecil dekat makam sahabat Rasulullah SAW, yaitu Abu Ayyub al - Anshari, yang berada di kompleks masjid tersebut. Lalu disana keduanya diberiksn botol berisi janggut Rasulullah saw.

Selama di Turki, Anies dijadwalkan memenuhi undangan Wali Kota Istanbul Mevlüt Uysa hingga kunjungan lapangan ke ISKI ( Istanbul Water & amp ; Waste Management ). Dia juga akan melakukan pertemuan dengan Tesisleremiz atau Department of Support Services atau Social Facilities, yaitu dinas atau BUMD Istanbul yang menangani fasilitas sosial atau KUKM. Anies juga dijadwalkan ke KJRI Istanbul untuk bertemu dengan pelajar Indonesia di Turki.

Tahun lalu, tepatnya Juli 2017, Presiden Jokowi pernah melawat ke Turki dan menyempatkan datang ke persemayaman Presiden Pertama Turki Kemal Ataturk di Anitkabir atau yang lebih dikenal sebagai Mausoleum Ataturk.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Kompleks Mausoleum Ataturk di Ankara, Kamis (6/7), pada sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Presiden Jokowi dikawal oleh pasukan terbaik Turki dalam prosesi peletakan bunga di makam Bapak Pendiri Turki tersebut yang sukses menjadikan Turki sebagai negara sekuler dan meninggalkan nilai - nilai Islam.

Sebelum Jokowi dan Anies, Susilo Bambang Yudhoyono saat masih menjadi presiden juga pernah berkunjung ke Turki. Sama seperti Anies, SBY tak berkunjung ke makam Ataturk.

Semoga hanya persoalan jarak dan waktu yang membuat Jokowi dan Anies memiliki jadwal berbeda terkait tempat yang dikunjungi.

Sumber : ngelmu.com

1 komentar: